Header Ads

5 Peristiwa Penting di Tanggal 3 Februari

5 Peristiwa Penting di Tanggal 3 Februari
TickNet.Top - 3 Februari adalah hari ke-34 dalam kalender Gregorian. Banyak peristiwa penting yang terjadi pada tanggal 3 Februari di masa lampau, baik di dalam maupun di luar negeri. Berikut adalah 5 Peristiwa penting di Tanggal 3 Februari versi TickNet.Top. 


1. Tradisi Setsubun di Jepang
Setsubun adalah hari sebelum awal musim semi di Jepang. Nama ini secara harfiah berarti "pembagian musiman", tetapi biasanya istilah ini merujuk pada musim semi Setsubun, yang lebih tepat disebut Risshun dirayakan setiap tahun pada tanggal 3 Februari sebagai bagian dari Festival Musim Semi (haru matsuri). 
Setsubun
japan-magazine.jnto.go.jp
Dalam hubungannya dengan Tahun Baru Jepang, Setsubun musim semi sering dianggap sebagai semacam Malam Tahun Baru, dan juga disertai dengan ritual khusus untuk membersihkan semua kejahatan yang pernah terjadi di tahun yang lalu sekaligus mengusir roh-roh pembawa penyakit yang mungkin datang di tahun yang baru. Ritual khusus ini disebut mamemaki (menghamburkan kacang). 

Tradisi Setsubun sebenarnya diadopsi dari dari tradisi Tsuina, sebuah aliran keagamaan dari Cina yang diperkenalkan ke Jepang sekitar abad ke delapan. 


2. 1451: Murad II, Sultan Kerajaan Utsmaniyah wafat dan digantikan putranya, Mehmed II 
Murad II (Juni 1404 – 3 Februari 1451) adalah Sultan Utsmaniyah dari 1421 hingga 1451 (kecuali dari masa antara 1444 hingga 1446). 
Muhammad Al Fatih

Pemerintahan Murad II ditandai dengan peperangan panjang melawan para bangsawan Kristen di Balkan dan berbagai wilayah kekuasaan Turki di Anatolia, konflik yang berlangsung selama 25 tahun. Ia besar di Amasya dan naik takhta setelah kematian ayahandanya. 

Di musim dingin 1450–1451, Murad II sakit, dan meninggal di Edirne. Setelah mangkatnya, Mehmed II naik takhta menggantikan ayahnya. Mehmed II (30 Maret 1432 – 3 Mei 1481), juga dikenal secara luas dengan Muhammad Al Fatih merupakan penguasa Utsmani ketujuh dan berkuasa pada 1444 – 1446 dan 1451 – 1481. 


Capaiannya yang paling terkenal adalah penaklukan Konstantinopel pada tahun 1453 yang mengakhiri riwayat Kekaisaran Romawi Timur, menjadikannya mendapat julukan 'Sang Penakluk' (el-Fatih). 

Mehmed dikenal sebagai pemimpin yang cakap dan mempunyai kepakaran dalam bidang ketentaraan, ilmu pengetahuan, matematika, dan menguasai enam bahasa saat berumur 21 tahun. 

Dia dikenal sebagai pahlawan di Turki maupun dunia Islam secara luas. Dalam sejarah Islam, Mehmed dikenal sebagai salah seorang pemimpin yang hebat sebagaimana Sultan Salahuddin Al-Ayyubi (pahlawan Islam dalam perang Salib) dan Sultan Saifuddin Mahmud Al-Qutuz (pahlawan Islam dalam peperangan di 'Ain Al-Jalut melawan tentara Mongol). 

3. 1972: Badai Salju Paling Mematikan dalam Sejarah terjadi di Iran 
Badai Salju Iran pada Februari 1972 adalah badai salju paling mematikan dalam sejarah. Suhu rendah selama satu minggu dan badai musim dingin yang parah, yang berlangsung 3–9 Februari 1972, mengakibatkan sekitar 4.000 orang meninggal dunia. 
Badai Salju Iran
unofficialnetworks.com
Badai menyebabkan tumpukan salju setinggi lebih dari 10 kaki (3,0 m) di seluruh daerah pedesaan di Iran barat laut, tengah dan selatan. Bahkan di Iran Selatan ketebalan salju mencapai 26 kaki (7,9 m), mengubur setidaknya 4.000 orang. 

Menurut laporan surat kabar Ettela'at, kota Ardakan dan desa-desa terpencil adalah yang paling parah akibat badai salju ini. Di Kakkan atau Kumar dilaporkan semua warganya meninggal dunia. Di barat laut, di Desa Sheklab yang berdekatan perbatasan dengan Turki sekitar 100 orang juga dikabarkan terkubur. 

4. 1988: Hari Lahir Cho Kyu-hyun, Member Grup Idol Korea Selatan, Super Junior 
Cho Kyuhyun (Cho Gyuhyeon) (lahir 3 Februari 1988) atau lebih dikenal dengan nama Kyuhyun adalah penyanyi dari Korea Selatan yang merupakan anggota boyband dari Super Junior. Kyuhyun merupakan anggota yang paling terakhir bergabung dengan Super Junior sekaligus juga yang termuda (maknae).
Cho Kyu-hyun
channel-korea.com
Kyuhyun termasuk salah satu lead vocalist di Super Junior. Selain dikenal sebagai penyanyi, ia juga menjalankan karier di bidang MC, aktor musikal, dan DJ radio. Kyuhyun menjalani debut solonya pada tahun 2014 dengan mini album bertajuk 'At Gwanghwamun'. 

5. 2012: HIM Damsyik, Aktor dan Penari senior Indonesia Meninggal Dunia 
Incik Muhammad Damsyik (lahir di Teluk Betung, Lampung, 14 Maret 1929 – meninggal di Depok, 3 Februari 2012 pada umur 82 tahun, atau yang lebih dikenal sebagai HIM Damsyik, aktor senior Indonesia dan penari. 
HIM Damsyik
www.kapanlagi.com


Ia mulai terkenal karena memerankan tokoh Datuk Maringgih dalam sinetron Siti Nurbaya yang ditayangkan TVRI pada tahun 1992, sehingga akhirnya ia dikenal juga sebagai Datuk Maringgih dan karena kepiawaiannya berdansa menjadikannya memperoleh julukan Datuk Dansa. 

Pada tanggal 3 Februari 2012 HIM Damsyik menghembuskan nafas terakhirnya di Rumah Sakit Cinere, Depok, Jawa Barat. Sebelumnya, ia dirawat selama sebulan di rumah sakit MMC Kuningan. Dan jenazahnya di makamkan di TPU Karet Bivak keesokan harinya. 

Itulah 5 Peristiwa penting di Tanggal 3 Februari versi TickNet.Top.(*)


Tidak ada komentar


Diberdayakan oleh Blogger.