Header Ads

Ada Apa dengan Tanggal 2 Februari?

Ada Apa dengan Tanggal 2 Februari
TickNet.Top - 2 Februari adalah hari ke-33 dalam kalender Gregorian. Berikut adalah 5 kejadian penting yang terjadi pada tanggal 2 Februari:

Hari Lahan Basah Sedunia 
Hari Lahan Basah Sedunia
(ilustrasi - Universitas Malahayati)

Hari Lahan Basah Sedunia diperingati pada tanggal 2 Februari setiap tahunnya. Tanggal ini memperingati hari ditandatanganinya Konvensi Lahan Basah, yang disebut Konvensi Ramsar, pada 2 Februari 1971 di Kota Ramsar, kota yang terletak di pantai Laut Kaspia di Iran. 


Nama resmi konvensi ini adalah The Convention on Wetlands of International Importance, especially as Waterfowl Habitat. Konvensi Ramsar diratifikasi pemerintah Indonesia pada tahun 1991 melalui Keputusan Presiden RI No. 48 tahun 1991. 

Hari Lahan Basah Sedunia diperingati pertama kali pada tahun 1997. Setiap tahun, lembaga pemerintah, lembaga swadaya masyarakat, dan kelompok masyarakat pada seluruh lapisan komunitas mengambil peran dalam aksi meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap nilai dan manfaat lahan basah secara umum. 

Sejak tahun 1997 hingga 2007, konvensi telah melaporkan bahwa 95 negara telah melakukan aktivitas perayaan Hari Lahan Basah Sedunia dalam berbagai bentuk, dari seminar dan kuliah singkat, lintas alam, kontes seni anak-anak, balap sampan, hingga aksi bersih (clean-up day) yang dilakukan komunitas masyarakat, dan sebagainya. 

1709 
(Alexander Selkirk - All That's Interesting)
Alexander Selkirk diselamatkan setelah terdampar di pulau Más a Tierra yang tak berpenghuni dan terletak di Kepulauan Juan Fernández, 670 km lepas pantai Chili, selama 4 tahun. Alexander Selkirk terlahir Alexander Selcraig, (1676 – 13 Desember 1721) adalah seorang pelaut Skotlandia. 


Pengalamannya menginspirasi Daniel Defoe untuk menulis novel roman Robinson Crusoe. Dari roman inilah istilah untuk genre baru dalam sastra robinsonade berasal. Robinsonade adalah sebuah genre sastra: pada roman, yang berasal dari tokoh Robinson Crusoe dalam buku karya Daniel Defoe: Robinson Crusoe, yang kadang-kadang dengan sederhana disebutkan sebagai "kisah pulau tak berpenghuni". 

Dalam pola dasar robinsonade, dikisahkan tokoh protagonisnya mendadak terisolasi dari masyarakat umum, biasanya terdampar dengan kapalnya di sebuah pulau tak berpenghuni. Ia harus mempertahankan hidup sebisanya dengan perbekalan seadanya yang ada padanya. 

Protagonis itu bisa bertahan hidup dengan kecerdasannya dan kemampuan asuhan budayanya, yang juga memungkinkannya keluar dari konflik dengan orang buangan masyarakat atau atas penduduk setempat yang dihadapinya. 

Contoh-contoh robinsonade: 
  • The Valley of Horses karya Jean M. Auel 
  • Emigran karya Vilhelm Moberg 
  • Film Cast Away 
  • The Old Man and the Sea karya Ernest Hemingway 

1914

Charlie Chaplin, Making a Living
(Charlie Chaplin, Making a Living - Dailymotion)
Film pertama Charlie Chaplin, Making a Living, mulai ditayangkan di bioskop. Sir Charles Spencer "Charlie" Chaplin, KBE (lahir 16 April 1889 – meninggal 25 Desember 1977 pada umur 88 tahun) adalah seorang komposer, pembuat film, dan aktor komedi Inggris yang terkenal pada era film bisu. 
Dalam Making a Living (juga dikenal dengan sebutan Doing His Best, A Busted Johnny, Troubles dan Take My Picture), Chaplin berperan sebagai Edgar English, seorang penggaet wanita langsing yang menjalankan Keystone Kops. 

Film tersebut ditulis dan disutradarai oleh Henry Lehrman. Penampilan Chaplin di film ini banyak mengundang pujian, terutama karena akting Chaplin terasa sangat natural, penuh aksi dan juga mengundang tawa. 

1977 dan 1987 
Shakira dan Gerard Pique
(Shakira dan Gerard Pique - ¡HOLA! USA)
2 Februari merupakan hari ulang tahun dari pasangan Shakira dan Gerard Pique. Entah karena kebetulan atau memang hari ulang tahun yang sama menjadi salah satu faktor yang mendekatkan pasangan ini satu sama lain, tetapi yang pasti sampai saat ini pasangan ini menjadi salah satu pasangan selebritis - atlet paling romantis saat ini. 
Shakira Isabel Mebarak Ripoll (lahir di Barranquilla, Kolombia, 2 Februari 1977) adalah penyanyi Kolombia, penulis lagu, musisi, produser rekaman, penari dan dermawan yang muncul sebagai genius musik di bidang musik Amerika Latin di awal 1990-an.. Adapun Gerard Piqué Bernabeu (lahir 2 Februari 1987) merupakan seorang pemain sepak bola berkebangsaan Spanyol. 

Kabarnya Pique dan Shakira bertemu pertama kali di Piala Dunia 2010 yang digelar di Afrika Selatan. Kemudian Pique diketahui menjalin hubungan Shakira di tahun 2011. 10 tahun perbedaan usia sepertinya tak pernah menjadi masalah bagi pasangan yang sudah memiliki 2 buah hati ini. (*)


Tidak ada komentar


Diberdayakan oleh Blogger.